Pengorganisasian Struktur Manajamen
A. Definisi
Pengorganisasian
Menurut Cefto Samuel C, The proccess of establishing
ordrly uses for all oeganizational's resources. (pengorganisasian merupakan
proses mengatur semua kegiatan secara sistematis dalam mengelola sumber daya)
Menurut Williams Chuck, Deciding where decision will
be made, who will do that jobs and task, and who will work for whom.
(memutuskan dimana keputusan akan dibuat, siapa yang akan melakukan pekerjaan dan tugas itu, dan siapa yang akan bekerja serta untuk siapa mpekerjaan itu
dilakukan)
Menurut Daft Richard, Pengorganisasian merupakan
sebuah kegiatan pemanfaatan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan
stategis.
Jadi, perngorganisasian adalah suatu kegiatan
pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki
perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai
tujuan bersama. Pengorganisasian merupakan sebuah aktivitas penataan sumber
daya manusia yang tepat dan bermanfaat bagi manajemen, dan menghasilkan
penataan dari karyawan.
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan
pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki
perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai
tujuan perusahaan
Dengan kata lain pengorganisasian adalah fungsi
manajemen yang berhubungan dengan pembagian tugas. Pengorganisasian mempermudah
manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk
melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian
dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa
yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa
yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan
harus diambil.
Pengorganisasian merupakan sebuah aktivitas penataan
sumber daya manusia yang tepat dan bermanfaat bagi manajemen, dan menghasilkan
penataan dari karyawan. Hal pokok yang perlu diperhatikan dari pengorganisasian
:
1.
Menentukan arah dan sasaran satuan organisasi,
2.
Menganalisa beban kerja masing – masing satuan organisasi.
3. Membuat
job description ( uraian pekerjaan)
4. Menentukan
seseorang atau karyawan yang berdasarkan atas pertimbangan arah dan sasaran,
beban kerja, dan urian kerja dari masing – masing satuan organisasi.
B. Definisi
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan
antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan
dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di harapakan
dan di inginkan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan
kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan
aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus
menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa, jadi ada satu
pertanggung jawaban apa yang akan di kerjakan.
Ada 4 aspek utama penyusunan struktur organisasi yaitu
departementalisasi, pembagian kerja, koordinasi, dan rentang manajemen.
a.Departementalisasi adalah pengelompokan dari
berbagai aktifitas kerja suatu organisasi supaya berbagai aktifitas yang sama
bisa digabungkan dalam satu unit kerja.
b.Pembagian kerja, adalah rincian tugas/pekerjaan yang
harus dilakukan seseorang agar setiap orang yang terlibat dalam organisasi
bertanggungjawab melaksanakan aktifitas yang menjadi beban tanggungjawabnya.
c.Aspek koordinasi yaitu proses pengintegrasian
beberapa tujuan aktifitas pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau
bidang-bidang fungsional) dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi. Ini untuk mencegah seseorang berbuat untuk kepentingannya sendiri.
d.Rentang manajemen atau rentang kendali, adalah
kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar
tergantung kepada jumlah bawahan yang melapor kepadanya.
C. Pengorganisasian sebagai Salah satu
Fungsi Manajemen
Setelah
kita telah mempelajari perencanaan sebagai salah satu fungsi manajemen,tentunya
kita harus mempelajari fungsi manajemen lainnya.Salah satu fungsi manajemen
adalah mengetahui pengorganisasian yang merupakan salah satu fungsi manajemen
yang penting karena dengan pengorganisasian berarti akan memadukan seluruh
sumber-sumber yang ada dalam organisasi,baik yang berupa sumber daya manusia
maupun sumber daya lainnya ke arah tercapainnya suatu tujuan.pentingnya
pengorganisasian sebagai fungsi yang dijalankan oleh setiap manajer atau
orang-orang yang menjalankan manajemendalam setiap organisasi.Fungsi manajemen
lainnya yaitu pengorganisasian,yang sama pula pentingnya dengan fungsi
perencanaan karena dalam pengorganisasian seluruh sumber(resources) baik berupa
manusia maupun yang nonmanusia harus diatur dan paduakan sedemikian rupa untuk
berjalannnya suatu organisasi dalam rangkai pencapaian tujuannya. Pemahaman
tentang pengorganisasian sebagai salah satu fungsi manajemen,akan memberikan
kejelasan bahwa proses pengaturan di dalam organisasi tidak akan selesai,tanpa
diikuti oleh aktuasi yang berupa bimbingan kepada manusia yang berada di dalam
organisasi tersebut,agar secara terus-menerus dapat menjalankan kegiatan sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pengorganisasian
Fungsi
Organisasi
dirumuskan sebagai pembagiaan pekerjaan diantara orang-orang yang usahannya
dikoordinasikan untuk mencapai sasaran-sasaran khusus
Sebagai
dinamika dari pembagian kerja maka organisasi merupakan proses dari adanya
kegiatan berbagai orang sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya
masing-masing yang bekerja bersama-sama untuk mencapai atau mewujudkan tujuan
tertentu yang telah disepakati bersama. Organisasi sebagai proses dilandasi
oleh suatu keetaatan bahwa pembagian pekerjaan dilaksanakan dan harus di
laksanakaan sedamikian rupa sehingga mampu merangsang kerelaan bekerja sama. Di
dalam proses organisasi mengalami pertumbuhan,pengembangan, perbaikan,atau
penyempurnaan agar dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan warga anggotanya
dan kebutuhan masyarakat sekelilingnya. Organisasi sebagai sistem di samping
dipengaruhi oleh segi intern sendiri juga dipengruhi oleh lingkupan di
luarnya.Dengan demikian,adanya pertumbuhan,pengembangan,perbaikan,ataua
penyempurnaan pada hakiaktnya organisasi sebagai hasil dari proses yang
ber;angsung terus-menerus.Organisasi sejalan dengan tujuan yang hendak di capai
akna bergerak dinamis.Mengendalikan organisai merupakan tugas bagi manajer
tingkat puncak.tindakan mengorganisasi merupakan kegiatan utama bagi manajer
puncak dan sebagian tugas itu dapat didelegasikan kepada manjer dibawahnya.
sumber :
http:
//www.scribd.com/doc/.../fungsi-pengorganisasian / diakses pada tanggal 31
Oktober 2010
Nama : Ajeng Cintiya Yudhasara
Kelas : 3PA02
NPM : 10511488
Tidak ada komentar:
Posting Komentar