Senin, 26 November 2012

Jejaring Sosial



Pengertian Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Sejarah Jejaring Sosial

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking

Manfaat

Jejaring sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisamenjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.

Dampak positif 

yang dari penggunaan situs jejaring sosial adalah semakin mudahnya berinteraksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Kemudian, keunggulan lain adalah sebagai sarana promosisuatu barang, komunitas, band dan lain-lain.

Dampak negatifnya

yaitu kurangnya interaksi dengan dunia luar yang menyebabkan orangtersebut menjadi anti-sosial, membukuat orang tersebut kecanduan dan menghabiskanwaktunya seharian di depan komputernya lalu produk menuruntifitas orang tersebut, danyang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan orang tersebut tidaklah sedikit untuk mengaktifkan internet atau membayar warnet.Penyebab masyarakat mengakses situs jejaring sosial yaitu orang tersebut tidak bisa berinteraksi secara “face to face” atau tatap muka secara langsung. Kurangnya saranatransportasi untuk berinteraksi secara langsung.Contoh-contoh tampilan situs jejaring sosial:

Sisi Positif Lain Dari Jejaring Sosial DiIndonesia

Di negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan informasi yang lain.Selain menggunakan media cetak, pemerintah mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009. Banyak sekaliCaleg yang mempromosikan dirinya lewat facebook.

Pengguna Situs Jejaring Sosial

Salah satu survei suatu lembaga sosial, menyatakan bahwa pengguna situs jejaring sosialmayoritas adalah anak muda. Mereka menggunakan situs jejaring sosial untuk mencari temandunia maya, bahkan sarana ini juga digunakan untuk mencari pasangan hidup. Seharusnya, para anak muda yang menggunakan situs jejaring sosial menggunakan sarana ini dengansewajarnya dan tidak mengabaikan lingkungan sosial.
Perkembangan Situs Jejaring Sosial
Pada mulanya, situs jejaring sosial sangat terbatas pada fitur-fiturnya.Akan tetapi,sekarang situs jejaring sosial sudah berkembang pesat. Salah satu perkembangannya yaitu pada penambahan aplikasi-aplikasi penunjang dalam berkomunikasi.Contohnya adalah adanya game online dalam situs jejaring sosial.
Contoh jejaring sosial :
1. MySpace 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjScgiGdL9xdA78bd69Me46bXbEG-z8vcPqmltfv3utHkYOq18bWv8YWawIpr6-HUBuj47p4XyoLa1qNp6V3tDg4KbMgg4bc1muXucIojIlhw6zp17bWnPvmUDfE996pdTRi9DKMG8ZMWfa/s200/225px-Myspace_logo.svg.pngMySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQRsJkcV9DpNPl9Gj0VqFwmkOoYmR90v5ZBQ84-8Ld4xVMNXflr6ilDJKnNydvRdcon51BVtzfIJndn0HYQI1pZ5I9pFgeGTR7LBZBMFXhQEBwaqyTyHB6sI1W4Wc7DdsqoSIvqwmnkgZG/s200/MySpace_Snapshot.jpg
2.Facebook


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB_eQm-Mvf5aH9kVn84qo8nAkF7Am2vZW472v93lRM8S5zCCMWgmJchtTid2e0Ti0GfNuGubHeLpGuUlvfZwcsCQirCxOYt2Yx92NcnuNgl42jA_phUK-bajwnHxGbtN7_82XB2pgjMnQP/s200/200px-Facebook_Logo.svg.pngFacebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. 

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBr5ykW2vMfhZMN-bhJLAkaU77e5DiYo3q4XPEZ144u9IerHSpqVqofJySi7VPw1iNGU-pp02DA6Kvzslwcx8K4s482likDoBL6Ppqks2-q7tHwZB8a_Kd593CciSIndajgMkS4lGmatxA/s200/snapshot_facebook.JPG
3.Twitter

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjC9I8C7PlLnYoa1YE-OPB7uVkA8fHKtVu2tp6OAluGmmaiHiwWLf8xsuQquiy4hLyLVQ8WOaPTPgmWTasIYoTvQmSNE7iOdxpS5hbshu6fCa38I4TxtuyTOyZTOCmNOcdJrXChfNQxAKwi/s200/twitter_logo.gifTwitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. 

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

Nama : Ajeng Cintiya Yudhasara
Kelas : 2PA02
NPM : 10511488



Tidak ada komentar:

Posting Komentar