Pengertian
Jejaring Sosial
Jejaring
sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun
1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan
satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak
komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak
upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan
web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat
berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file,
blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan
untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan
dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki
fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking
Manfaat
Jejaring
sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh
jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang
diciptakan bisamenjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band
dan lain-lain.
Dampak
positif
yang
dari penggunaan situs jejaring sosial adalah semakin
mudahnya berinteraksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.
Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Kemudian, keunggulan lain
adalah sebagai sarana promosisuatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Dampak
negatifnya
yaitu
kurangnya interaksi dengan dunia luar yang menyebabkan orangtersebut
menjadi anti-sosial, membukuat orang tersebut kecanduan dan
menghabiskanwaktunya seharian di depan komputernya lalu produk
menuruntifitas orang tersebut, danyang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan
orang tersebut tidaklah sedikit untuk mengaktifkan internet atau membayar
warnet.Penyebab masyarakat mengakses situs jejaring sosial yaitu orang tersebut
tidak bisa berinteraksi secara “face to face” atau tatap muka secara langsung.
Kurangnya saranatransportasi untuk berinteraksi secara langsung.Contoh-contoh
tampilan situs jejaring sosial:
Sisi
Positif Lain Dari Jejaring Sosial DiIndonesia
Di
negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai
hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan
informasi yang lain.Selain menggunakan media cetak, pemerintah
mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu
contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009. Banyak sekaliCaleg yang
mempromosikan dirinya lewat facebook.
Pengguna
Situs Jejaring Sosial
Salah
satu survei suatu lembaga sosial, menyatakan bahwa pengguna situs jejaring
sosialmayoritas adalah anak muda. Mereka menggunakan situs jejaring sosial
untuk mencari temandunia maya, bahkan sarana ini juga digunakan untuk
mencari pasangan hidup. Seharusnya, para anak muda yang menggunakan situs
jejaring sosial menggunakan sarana ini dengansewajarnya dan tidak
mengabaikan lingkungan sosial.
Perkembangan
Situs Jejaring Sosial
Pada mulanya, situs jejaring
sosial sangat terbatas pada fitur-fiturnya.Akan tetapi,sekarang situs jejaring
sosial sudah berkembang pesat. Salah satu perkembangannya yaitu pada penambahan
aplikasi-aplikasi penunjang dalam berkomunikasi.Contohnya adalah adanya
game online dalam situs jejaring sosial.
Contoh jejaring sosial :
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2.Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4
Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan
mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk
siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya
diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University,
MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang
termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya
ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti
.edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs
ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e
apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung
dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah
tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
3.Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang
memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan"
berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim
pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin.
Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Nama : Ajeng Cintiya Yudhasara
Kelas : 2PA02
NPM : 10511488
Tidak ada komentar:
Posting Komentar